Cara Membuat Ponsel Android Support Usb Otg All Type

Cara Ponsel Android Support USB OTG All Type - Usb On The Go atau yang lebih umumnya disebut OTG adalah kemampuan smartphone membaca sebuah media penyimpanan seperti flashdisk yang nantinya bisa dilakukan pertukaran file, baik itu edit, baca, dan transfer data. Kemampuan tersebut saat ini masih belum bisa dinikmati semua ponsel Android yang langsung secara otomatis bisa support usb otg, hanya beberapa ponsel yang tentunya dengan spesifikasi yang bagus dan terbaru sudah bisa merasakannya. Lalu muncul pertanyaan bagaimana cara ponsel saya bisa support usb otg? Jawabannya semua ponsel Android bisa, namun harus dilakukan secara Manual.

 Cara Membuat Ponsel Android Support Usb Otg All Type

Mau tau caranya? Simak artikel ini dengan baik dan seksama. Tentu awalnya ponsel anda harus dalam keadaan Rooted (sudah root) karena kita membutuhkan sebuah aplikasi yang membutuhkan akses root untuk penggunaannya. Bagi ponsel anda yang belum di root tenang saja Andronod sudah menyiapkan artikelnya untuk anda semua. Baca Juga: Cara Root Samsung, Lenovo, Asus Zenfone, Advan, Xiaomi, Oppo. Jika daftar ponsel anda tidak tertera bisa mencarinya sendiri di Google.

Selain pertukaran file apa lagi sih fungsi dan keuntungan ponsel android yang support USB OTG? Banyak sekali keuntungannya apalagi jika anda seseorang yang beraktifitas dan bergelut didunia teknologi, karena selain bisa bertukar file, usb otg juga bisa mengoneksikan ponsel anda dengan mouse, keyboard, stik playstation secara langsung. Selain itu bagi embedded system developer, usb otg bisa berfungsi sebagai media komunikasi dengan board mikrokontroler, misalnya board arduino.

Lalu banyak yang bertanya kenapa ponsel saya harus di Root agar support USB Otg? Karena agar ponsel kita mendapatkan hak akses untuk mengaktifkan permission usb host, sehingga tanpa perlu mengganti kernel Android. Sekiranya itu saja sekilas mengenai penjelasan fungsi dan keuntungan usb otg. Simak langkah-langkah agar ponsel anda support usb otg secara manual.

Cara Agar Support USB OTG All Type Smartphone:
  • Download dan install aplikasi Usb Host Check. Fungsinya untuk mengecek android usb host pada android anda.
  • Jika sudah diinstal, buka aplikasinya maka anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini
     Cara Membuat Ponsel Android Support Usb Otg All Type
  • Apabila muncul pesan "usb host support is not enable on this device" ini artinya bahwa "usb.host.xml" tidak terdapat pada sistem ponsel android anda. Sehingga perlu membuat usb.host.xml secara Manual
  • Caranya dengan menggunakan aplikasi Notepad atau aplikasi editor lainnya. Lalu copy text berwarna merah dibawah ini dan save dengan nama "android.hardware.usb.host.xml"
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> 
<permission> 
<feature name="android.hardware.usb.host"/> 
</permission>
  • Lalu Save dengan format .xml. Fungsi code itu untuk mengaktifkan dukungan usb host pada ponsel android anda
  • Selanjutnya pindahkan file android.hardware.usb.host.xml ke ponsel android dan push ke etc/permissions anda juga dapat menggunakan aplikasi Root Explorer
  • Buka kembali aplikasi usb host check dan klik ree-check, jika berhasil akan seperti gambar dibawah ini
    Cara Membuat Ponsel Android Support Usb Otg All Type
  • Selesai dan Selamat ponsel anda sekarang sudah support usb otg
Catatan: Cara yang admin Andronod lakukan baru terhadap ponsel lenovo a6000 dan a7000, samsung j2 dan j5, xiaomi redmi note 3 dan redmi note 4g, evercoss A7s.
 Jadi ponsel yang tidak disebutkan diatas bukan berarti tidak bisa, silahkan anda buktikan sendiri Cara Membuat Ponsel Android Support USB OTG


Blog, Updated at: 23:38:00

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan sesuai artikel diatas. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Berkomentar dengan url (mati/hidup) tidak akan di publish.

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript