Dampak Negatif Banyaknya Aplikasi Menumpuk Di Android

Efek Negatif Banyak Aplikasi Running Di Android | Andronod - Sebagaimana diketahui, bahwa aplikasi adalah sekumpulan kode program yang diatur sedemikian rupa oleh pembuatnya agar berjalan dengan semestinya di ponsel pengguna. Aplikasi di sistem android dikenal dengan besarnya file dan berjalannya bergantung pada semua perangkat penting di ponsel seperti RAM, chipset, VGA, jaringan data dan juga berkaitan dengan daya baterai.

Dampak Negatif Banyaknya Aplikasi Menumpuk Di Android

Berjalannya aplikasi dipengaruhi oleh performa setiap smartphone itu sendiri. anda bisa merasakan contoh aplikasi A berjalan lancar di smartphone tertentu dan berjalan lambat di ponsel lainnya dengan spesifikasi yang berbeda. Jadi intinya jalannya aplikasi bergantung pada spesifikasi setiap ponsel Android.

Aplikasi yang mengharuskan pengguna menggunakan perangkat yang tinggi spesifikasi tentunya tidak akan cocok dengan perangkat gadget dengan spesifikasi pas-pasan walaupun masih bisa berjalan dengan 'kesabaran' penuh dari penggunannya. Yang menjadi masalah adalah ketika aplikasi yang membutuhkan resource hardware yang tinggi dijalankan di ponsel ddengan spesifikasi yang pas-pasan tentunya kan membuat masalah di kemudian waktu tanpa disadari oleh pengguna itu sendiri.

Berbicara tentang aplikasi, banyak pengguna yang secara serampangan mencoba-coba beberapa aplikasi di ponselnya namun ketika tidak cocok dengan selera maka pengguna membiarkan aplikasi tersebut tetap berada di gadget tanpa adanya proses uninstall. Banyaknya aplikasi sampah yang banyak ditanam di smartphone bukan hanya mengurangi space Memori namun lebih dari itu, ada beberapa kerugian atau efek yang tidak secara langsung dirasakan penggunanya. Apa saja efek yang bisa timbul dari banyaknya aplikasi yang tertanam di smartphone? Simak ulasannya dibawah ini.

Dampak Negatif Banyaknya Aplikasi Menumpuk/Running

  • Efek yang pertama tentu anda akan merasa bahwa ponsel begitu berat menjalankan tugasnya. Membuka aplikasi dan berinteraksi dengan menu-menu yang ada di dalamnya akan terasa lambat dibanding sebelumnya. mengapa demikian? Karena aplikasi memerlukan ruang memori dan juga asupan RAM beserta chipset yang bekerja untuk memenuhi kriteria aplikasi itu sendiri agar berjalan dengan sempurna. Ponsel dengan spesifikasi RAM yang kecil sangat mungkin lemot dan bekerja tidak sebagaimana mestinya.
  • Efek banyaknya aplikasi yang bertumpuk berikutnya adalah Ponsel cepat panas, mengapa demikian ?, walaupun efek panas di smartphone ( salam hal ini android ) memang wajar terjadi namun aplikasi yang bertumpuk juga bisa menjaddi penyebabnya. Bayangkan saja apabila banyak aplikasi yang ada di gadget dan banyak yang berjalan di balik layer sistem tanpa sepengetahuan pengguna maka kinerja komponen ponsel tidak akan ada habisnya yang berimbas panas pada gadget itu sendiri.
  • Menurunnya kinerja hardware, maksudnya ketika pengguna mempunyai aplikasi yang bertumpuk dan banyak yang berjalan di sistem maka kinerja setiap komponen smartphone akan meningkat. Umur komponen juga akan semakin singkat seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya aplikasi yang tidak anda perlukan namun banyak yang bekerja di balik sistem smartphone. Komponen yang berkaitan langsung dengan kinerja aplikasi adalah RAM, Prosessor atau chipset, kartu grafis dan Juga Baterai ponsel.
  • Beban data berlebih. Maksudnya adalah, ketika aplikasi yang tidak anda butuhkan terlalu banyak di smartphone dan banyak yang berjalan di sistem dengan sambungan data yang aktif tentu saja akan memperbesar asupan data internet yang anda punya.
  • Lambatnya proses booting, mengapa demikian ? seperti yang saya utarakan di atas, bahwa aplikasi tersimpan di perangkat penyimpanan smartphone, dan untuk mengakses aplikasi dibutuhkan sumberdaya dari perangkat yang tidak bisa dilakukan sesingkat mungkin karena setiap proses booting ( awal mula menyalakan ponsel ) akan melakukan persiapan IO ( input output ) serta melakukan indexing terhadap seluruh file yang dibutuhkan. Karena file berada di perangkat penyimpanan, maka proses index diperlukan agar ketika startup sistem berhasil si pengguna akan mudah menyusuri setiap sudut isi smartphone tersebut.
Dari beberapa efek yang bisa terjadi ketika aplikasi menumpuk dan jarang digunakan tentu saja setiap pengguna satu dengan yang lain akan berbeda dari segi pengalamannya. Kriteria serta spesifikasi gadget yang semakin hari semakin canggih dan tinggi spesifikasinya tentu tidak akan berpengaruh banyak terhadap kinerja gadgetnya.


Blog, Updated at: 20:23:00

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan sesuai artikel diatas. Centang "Notify me" untuk mengetahui balasannya. Maaf apabila komentar dibalas dalam waktu lama atau tidak terbalas karena saya tidak online setiap hari. Berkomentar dengan url (mati/hidup) tidak akan di publish.

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript